mwhoob.net

Cara Merawat Anak Kucing Jamuran dengan Tepat

Anak kucing merupakan hewan peliharaan yang membutuhkan perawatan pada bulunya. Hal ini karena dapat terserang penyakit kucing yaitu jamuran yang diakibatkan oleh ringworm. Jamur menimbulkan bercak melingkar pada bulu dan membuat kulit menjadi bersisik. Agar menghindari hal itu, simak di bawah ini cara merawat anak kucing jamuran dengan tepat!

  1. Memberikan Vitamin

Pemberian vitamin pada kucing mampu meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus merawat bulu dari dalam. Jika sudah terkena jamuran, maka vitamin akan membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Konsumsi vitamin harus konsultasi terlebih dahulu kepada dokter hewan untuk memastikan pemberian vitamin lebih baik dicampur makanan atau minuman.

  1. Memberikan Obat Luka Luar

Tak hanya perawatan dari dalam, penyembuhan luka dari penyakit jamuran juga dilakukan dengan perawatan dari luar. Salah satunya yaitu memberinya obat luka untuk mempercepat proses penyembuhan. Berikan obat dengan bentuk salep atau bedak yang ditaburkan di sekitar luka. Sebaiknya gunakan collar pada tubuh agar salep yang dioleskan tidak dijilati anak kucing.

  1. Memberikan Obat Luka Dalam

Penyembuhan luka semakin cepat jika dilakukan pengobatan dalam dan luar sekaligus. Obat dalam ini umumnya mengandung itraconazole, ketoconazole atau fluconazole. Sebaiknya konsultasikan dahulu ke dokter hewan untuk mendapatkan dosis yang tepat. Efek samping dari obat dalam ini biasanya akan menurunkan nafsu makan anak kucing karena seringnya muntah.

  1. Menjaga Bulu Kucing Tetap Kering

Membuat bulu kucing senantiasa kering dengan menjemurnya di bawah sinar matahari. Sinar matahari juga membantu menghambat pertumbuhan jamur pada bulu. Namun tetap diperhatikan intensitas waktu menjemur agar tidak panas dan stres. Jika bulu kucing basah, segera lap agar kering, bulu yang sering basah akan rentan terhadap jamur karena jamur suka kondisi lembab.

  1. Menggunakan Sampo Khusus

Bulu anak kucing pastinya memiliki tekstur yang tidak sekuat bulu pada kucing dewasa. Maka dari itu, diperlukan perawatan khusus dengan cara memakaikan sampo khusus untuk membersihkan bulu dari kotoran. Sampo dipakai saat mandi dengan kurun waktu dua kali dalam seminggu. Setelah dimandikan, sisir bulu kucing menggunakan sisir khusus dan dikeringkan.

  1. Menjaga Kebersihan Kandang

Bersihkan kandang minimal dua kali dalam sehari untuk mencegah pertumbuhan jamur pada kucing akibat kandang yang kotor. Kandang disikat dan dibersihkan kemudian dikeringkan hingga benar-benar kering. Mengganti kotak pasir yang sudah kotor karena urin atau kotoran, serta menggantinya dengan kotak pasir yang baru, bersih serta kering.

Itulah keenam cara merawat anak kucing jamuran dengan tepat. Cara lainnya yaitu dengan memisahkan anak kucing sehat dengan kucing yang terinfeksi. Hal ini karena jamur dapat menular ke kucing yang sehat bahkan manusia. Sebelumnya, Anda harus mengenali gejala penyakit jamuran pada kucing agar mampu mengatasi serta merawatnya agar cepat sembuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *