mwhoob.net

6 Tahap Perkembangan Anak 1 Tahun

Usia satu tahun hingga lima tahun merupakan usia emas bagi anak. Anak akan mempelajari banyak hal dan membentuk kecerdasan otak bagi anak, maka dari itu orang tua perlu mengenal tahap perkembangannya. Berikut ini tahap perkembangan anak 1 tahun!

  1. Perkembangan Fisik

Usia satu tahun umumnya memiliki berat tubuh berkisar 7 kg hingga 10 kg dengan tinggi tubuh mencapai 70 cm hingga 77 cm. namun angka ini tidak dapat dijadikan patokan yang paten karena setiap anak memiliki pertumbuhan fisik yang berbeda-beda. Namun jika terlampau drastis dari angka ini, baru hal tersebut patut dicurigai.

Si kecil sudah memiliki keinginan untuk berjalan namun beberapa anak juga ada yang belum ingin. Anak yang belum bisa berjalan di usia satu tahunan ini karena pijakan kakinya yang masih belum kuat. Mulai tertatih dan membuat sekeliling ruangan berantakan adalah ciri perkembangan fisik dan psikomotor yang normal bagi usia satu tahun.

  1. Perkembangan Kognitif

Usia satu tahun mulai belajar tentang diri sendiri dan benda-benda di sekitarnya. Ia akan lebih banyak mengeksplor tempat baru daripada berada di pangkuan saat memasuki lingkungan asing. Tahap ini merupakan tahap memori pada anak mulai berkembang. Kenalkan anak pada warna dan bentuk untuk melatih kemampuan kognitifnya.

Perkembangan kognitif yang bisa dilihat seperti anak mulai mengerti peran dirinya di lingkungan. Ia bahkan akan tahu kemampuannya dan akan sering menunjuk sesuatu yang menjadi keinginannya. Mulai mengerti jika diajak berpamitan, ia akan mencium dan memperlihatkan tingkah yang menggemaskan.

  1. Perkembangan Sosial dan Emosional

Anak mulai mempelajari dan mencoba untuk keluar dari lingkungan tempat tinggal. Namun ia akan sesekali menengok ke arah Anda untuk memastikan Anda tidak jauh darinya. Anak mulai mengerti terhadap orang asing, ia akan rewel jika ditinggal dengan orang asing seperti baby sitter baru. Hal yang wajar karena anak sedang belajar membedakan Anda dengan orang asing.

  1. Mulai Belajar Segala Hal

Anak akan berusaha keras untuk melakukan sesuatu hingga ia bisa melakukannya. Sebagai contoh, anak akan meraih toples berisi makanan kesukaannya apapun rintangannya. Jika ini masih dalam pengawasan, biarkan anak melakukannya untuk melatih kognitif sekaligus motorik anak. Jangan langsung membantunya, tahan hingga ia sendiri yang meminta bantuan.

  1. Belum Ingin Berbagi

Saat bermain bersama anak lain, umumnya anak akan membatasi mainan yang ia punya. Namun terkadang ia juga akan merebut mainan lain jika menurutnya menarik. Hal ini untuk membantu sikap empati anak, jika ia merebut mainan, apa yang akan terjadi. Mainan akan dibagi karena bayi lain menangis, atau ia tetap memegang mainan kesukaannya.

  1. Perkembangan Bahasa

Mengajak anak berbicara akan melatih kemampuan bahasa pada anak. Anak akan mempelajari setiap kosa kata yang diucapkan dan mencoba meniru serta menghafalnya. Anda bisa menatap matanya saat berbicara, hal ini akan membuatnya fokus jika dia yang sedang diajak berbicara.

Itulah tahapan perkembangan anak 1 tahun yang perlu orang tua ketahui. Tahapan penting lainnya yaitu kesehatan serta nutrisi anak. Ini juga akan mempengaruhi tumbuh kembang anak. Jangan khawatir jika anak belum memiliki kemampuan seperti anak lain karena setiap proses pasti berbeda-beda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *