mwhoob.net

Mengurangi Gejala Keracunan Makanan dengan Melakukan Tindakan Pertolongan Awal

Bukan disebabkan oleh bahan makanan asing, keracunan makanan dapat juga disebabkan oleh bahan makanan yang akrab dijumpai di keseharian. Bahkan makanan yang tergolong menyehatkan pun malah dapat membahayakan. Namun, hal tersebut hanya akan terjadi apabila kebersihan makanan dan cara memasaknya tidak benar. Berikut beberapa makanan yang beresiko membuat seseorang keracunan.

Makanan yang Dapat Menjadi Penyebab Keracunan

  • Daging mentah

Walaupun terlihat segar, tapi jangan sekali-kali mengonsumsi daging yang masih mentah secara langsung. Hal tersebut disebabkan oleh adanya bakteri yersinia, salmonella, dan E coli yang dapat membuat seseorang keracunan. Dua hal yang harus dilakukan sebagai bentuk pencegahan yaitu menyimpan daging di dalam kulkas yang bersih, dan memasaknya hingga benar-benar matang.

  • Sayuran

Ternyata sayuran juga dapat menjadi penyebab seseorang keracunan terutama sayuran yang tidak dicuci sampai bersih menggunakan air yang mengalir. Sayuran beresiko tercermari oleh bakteri yang berada di tanah, dan lingkungan sekitar seperti bakteri E coli, salmonella, dan listeria campylobacter. Selain mencuci hingga bersih, pastikan kupas habis kulit yang busuk dan masak hingga matang.

  • Telur

Bahan makanan yang biasa dimakan ternyata dapat menyebabkan keracunan apabila tidak disimpan dan diolah dengan baik. Telur, misalnya, sumber protein ini dapat terkontaminasi bakteri salmonella sehingga harus disimpan di kulkas. Selain itu, saat membeli pilihlah telur yang tidak busuk dan permukaannya bersih. Saat akan mengonsumsinya, masaklah hingga telur matang.

  • Susu mentah

Sama halnya seperti daging mentah, walaupun terlihat segar namun sangat tidak dianjurkan untuk meminum susu yang juga masih mentah. Alasannya, terdapat bakteri yang masih terkandung di dalamnya seperti salmonella dan E coli. Sebagai gantinya, konsumsilah susu dan jenis olahannya yang sudah melewati proses pengolahan dengan baik. Selain itu, pastikan selalu menutup rapat susu saat akan menyimpannya.

  • Seafood mentah

Perlu kehati-hatian saat memilih seafood karena bisa saja sudah terkontaminasi oleh bakteri. Maka, pastikan memilih seafood yang masih segar untuk meminimalisir adanya bakteri yang berkembang. Pengolahannya pun harus dimasak hingga matang, jangan hanya setengah matang. Dengan begitu, seafood akan lebih aman untuk dikonsumsi karena bakteri akan otomatis mati saat terkena suhu yang panas.

  • Keju

Bukan hanya susu mentah saja yang rawan meracuni, namun produk olahannya seperti keju juga dapat menjadi penyebab. Hal tersebut disebabkan oleh bakteri Staphylococcus yang terkadang berkembang dalam keju. Oleh sebab itu, agar lebih aman dikonsumsi simpanlah keju dengan suhu di bawah 50C karena bakteri tersebut tidak akan mati dengan dipanaskan.

Ternyata bahan makanan keseharian dapat menjadi penyebab keracunan apabila cara pengolahannya tidak benar. Bahkan, buah pun dapat turut andil sebagai penyebab apabila tidak dicuci sampai bersih dan dikupas kuitnya. Alasannya, selain bakteri terkadang masih ada residu pestisida yang menempel. Jadi, harus benar-benar menerapkan kebiasaan sehat dalam memilih dan mengolah bahan makanan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *