mwhoob.net

Perawatan Wajib yang Harus Dilakukan Pemilik Sepeda Motor Listrik Jika Tak Ingin Kendaraannya Cepat RusakBBM atau bahan bakar minyak masih mendominasi produk untuk menunjang kebutuhan energi pada sebuah kendaraan, hanya saja tidak bisa dipungkiri jika seandainya dalam beberapa waktu kedepan ini nantinya mulai berubah, mengingat semakin lama digunakan tentunya sumber daya alam ini juga akan menipis bahkan habis. Banyak diantara produsen yang sudah berinovasi dengan menciptakan produk kendaraan berbahan bakar atau menggunakan energi listrik sehingga lebih ramah lingkungan. Dikenal juga sebagai sepeda motor listrik tentunya banyak yang sudah tak asing dengan produk kendaraan satu ini bukan.

Motor sendiri adalah sarana transportasi roda dua yang dulunya masih mengandalkan BBM untuk beroperasi, namun sekarang diinovasikan dengan memakai tenaga listrik ini, tentunya produk yang satu ini menjadi produk yang paling dinantikan oleh masyarakat era teknologi seperti sekarang ini, nyatanya di Indonesia sendiri sudah ada di pasaran dan Anda juga dapat membelinya. Namun memang belum begitu banyak yang menggunakannya.

Jika berbicara mengenai sepeda motor listrik ini sendiri, karena memang masih tergolong baru, maka tawaran harganya juga masih mahal, sehingga terkadang hanya segmen-segmen tertentu yang bisa memilikinya. Agar nantinya kendaraan roda dua ini bisa lebih awet dan juga beroperasi secara maksimal, maka berikut ini setidaknya ada beberapa tips bagi Anda dalam pemakaiannya, yaitu:

  1. Selalu memastikan bahwa sistem pengereman dalam kondisi yang baik atau tidak bermasalah. Jika seandainya kondisi rem bermasalah misalnya adalah seret ternyata hal ini tak hanya mempengaruhi rasa kurang nyaman dalam berkendara, melainkan lebih dari itu juga bisa membuat kendaraan tersebut jadi lebih boros bahan bakarnya. Untuk itu pastikan selalu mengecek apakah kondisi remnya masih berfungsi secara optimal atau tidak.
  2. Jangan menunggu baterai habis untuk melakukan charger, langkah penchargeran untuk membuat baterai senantiasa dalam kondisi yang sehat, maka jangan menunggunya habis terlebih dahulu, sebisa mungkin ketika angka sudah menunjukkan nilai di bawah 20 persen aka harus langsung diisi dayanya, sehingga tak mudah bocor.
  3. Perhatikan waktu pengchargeran, hal yang tak kalah penting untuk Anda pertimbangkan adalah waktu dalam mencharger produk tersebut, sebaiknya atur timer, jangan sampai mencharger terlalu lama melebihi batas yang sudah ditentukan, karena selain menyerap aliran daya terlalu banyak, maka nantinya juga memungkinkan baterai akan lebih mudah rusak.
  4. Jaga selalu kebersihannya, tak kalah penting adalah perawatan dari luar, yaitu memastikan bahwa kondisi body atau permukaan kendaraan tersebut selalu bersih, caranya adalah dengan mengelap secara rutin agar tak ada debu yang menempel, jika ingin mencuci bisa dilakukan namun harus menghindari beberapa komponen sehingga tidak mudah rusak karena terkena air.
  5. Gunakan secara rutin, hendaknya jangan terlalu sering menyimpan atau membiarkan motor listrik tersebut di dalam rumah, kendaraan jika tidak dipakai dalam waktu lama, baik itu motor biasa maupun listrik tentunya akan mengalami kerusakan, paling tidak lakukan pemanasan setiap harinya, sehingga tetap optimal ketika digunakan berkendara di jalan raya meskipun tidak dipakai setiap hari.

Mudah bukan, sepeda motor listrik bisa Anda beli lebih mudah lewat toko online, dapatkan beberapa pilihan produk berkualitasnya. Jika berbicara mengenai harga memang tergolong bervariatif, hendaknya disesuaikan dengan keuangan Anda. Beli produk berkualitas yang memiliki kualitas baterai bagus, sehingga nantinya tak akan mudah mengalami kerusakan, karena baterai jadi bagian yang paling vital.